Minggu, 23 Desember 2012

RUMPUT TAIWAN



Berbagai Hijauan Pakan Ternak Berkualitas

PENDAHULUAN; Pakan memiliki peranan penting bagi perkembangan ternak ruminansia baik untuk memenuhi kebutuhan pokok, pertumbuhan, maupun untuk produksi. Pakan yang baik adalah pakan yang memenuhi aspek kualitas dan kuantitas, palatabel dan mudah dicerna. Salah satu sumber pakan ternak ruminansia adalah hijauan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihqIR7Jc9lES2tIjfe4Z2fr_vCM0VAoozsRZb0TCCDczIJ-VeP55R41hjuL2mKKVq2HpnXrEQij-XCc7Y8gxfKkko8sW3FrIpzI47xteT5OFP0uvtTla_-O-LtRk6IgeItbWUBEOJX9OM/s1600/rt1.JPG
Pada umumnya, hijauan yang diberikan peternak berupa rumput lokal atau rumput asli yang ada di padang penggembalaan maupun dari tempat-tempat lain (Sawah, Ladang), hal ini menyebabkan produktivitas ternak belum maksimal. Disamping itu, dari sekian banyak kasus terjadinya kematian ternak sapi/kambing adalah terjadi intoksikasi akut atau kronis jika ternak-ternak tersebut mengkonsumsikan rumput lapangan yang dipanen di kota-kota, yang terdapat di lahan kosong atau pinggir jalan yang memungkinkan kurang bersih dan kurang hyegenis. Sehingga  memungkinkan terkontaminasi zat kimia seperti: polutan merkuri, lisol, oli, deterjen dan insectisida serta bakteri yang terbawa saat hujan dan banjir. Kwalitas rumput lapangan seperti demikian tidaklah menguntungkan, dan dari segi kualitaspun memungkinkan rumput-rumput tersebut terlalu muda  dan tercampur illalang muda yang kurang gizinya.

Ketersediaan pakan hijauan keberadaanya sangat penting dalam menunjang keberhasilan beternak kambing dan/atau sapi. Banyak sumber-sumber penelitian terpercaya  yang telah memaparkan berbagai jenis hijauan apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan kambing/sapi yang baik yang berasal dari rumput-rumputan maupun leguminosa.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEge6DMnTxH6IFhEP8h6ax56xBr6-fGx4Bpyhoccd7OavOptXcsot-mMp7wSBLZ7WU9ADhM_vQui2LrPDb5Eugxdgs8crvg6RF7h1pm04h_WusiEzoe88yMOTgAWmtitb3e3ACsbb7DXgh4/s1600/rt2.JPG
Berikut ini akan dikemukakan beberapa hijauan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik dan produktivitas tinggi sebagai pakan hijauan untuk kambing/sapi unggul maupun kambing/sapi perah.  Adapun hijauan yang dimaksud, antara lain sebagai: (1) Daun Singkong; (2) Gamal; (3) Turi (Sesbania Grandiflora); (4) Kaliandra (calliandra calothrysus); (5) Rumput Gajah (King Grass); (6) Rumput Taiwan.

Ternak-ternak kecil seperti kambing, domba, rusa dan anoa yang mengkonsumsikan rumput gajah (king Grass) memungkinkan akan terjadi masalah di kemudian hari, karena terdapat banyak bulu-bulu tajam (gulut) yang menyerupai duri serat kasar sehingga dapat menyebabkan iritasi rumen bila dipanen terlalu tua atau panen lambat. Namun jika dikonsumsikan pada sapi  tidak begitu bermasalah karena kadar proteinnya hanya 7%.

Rumput Taiwan merupakan jenis rumput dan leguminosa yang memiliki ukurannya daun yang cukup besar dan batang yang panjang, yaitu dapat mencapai 4 -5 meter. Ciri-cirinya: batangnya lunak, daun lebar berbulu lembut, tingkat nutrisi cukup baik, dan pada batang muda pangkal batang bawah dekat tanah berwarna kemerah-merahan. Disamping itu, produktivitas tinggi, bisa mencapai 300 ton/hektar per tahun dengan kondisi pemupukan dan pemeliharaan optimal, produksi per rumpun bisa lebih dari 7 kilogram (basah) per panen. Rumput Taiwan tersebut bisa diberikan dalam bentuk segar, atau bisa juga diolah menjadi silase dan hay apabila kondisinya berlimpah pada saat musim penghujan sebagai cadangan bahan makanan pada musim kemarau.

SEKILAS TENTANG RUMPUT TAIWAN
(Pennisetum purpureum schumach)

Untuk meningkatkan produktifitas ternak diperlukan pakan yang memiliki kandungan nilai gizi tinggi. Untuk itu, maka didatangkan jenis rumput dari Luar Negeri salah satu diantaranya adalah Rumput Taiwan (Pennisetum purpureum schumach) yang merupakan persilangan P. purpureum cv. Taiwan.

CIRI-CIRI
1)    Batang lunak, pada batang yang masih muda pangkal batang yang paling bawah
(dekat ke tanah) berwarna kemerah-merahan;
2)    Tinggi tanamannya bisa mencapai 4 - 5 m’;
3)    Daunnya lebar dan berbulu lembut.

SPESIFIKASI (Taiwaness Grass)
Rumput ini berasal dari Taiwan (Formosa) yang belum dibudidayakan secara komersial di Indonesia. Menyerupai rumput gajah, namun berbeda pada teksturnya. Rumput Taiwan lebih lunak, mudah dicerna tanpa ada gulut, atau bulu yang mengganggu system cerna  ternak.

PERSYARATAN TUMBUH
1)    Dapat tumbuh pada lingkungan hawa panas yang lembab, tetapi tahan terhadap musim panas yang cukup tinggi.
2)    Rumput ini tidak tahan hidup didaerah hujan yang terus menerus.
3)    Rumput ini tahan terhadap naungan.
4)    Tanah tempat rumput ini ditanam harus subur, gembur, tidak bercadas dan Ph tanahnya 5 -7.
5)    Dapat beradaptasi/ menyesuaikan dengan berbagai jenis/ tekstur tanah, namun lebih menyukai tanah bertekstur ringan.
6)    Pertumbuhannya akan terangsang apabila dipupuk dengan Nitrogen (Urea).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQ__A8HjgbX8To8eAmP6QxxrjlDz7GoGMybrlH8CYjHUx8cHwLBmm7l4IVvDvCrqPaXRHkR4mOs-UgKVJ51BRRuxFIio9oeZvllNevPkFUQ1yKrnRiCs80x7s20Z9iWAE5rEMHYexNldQ/s1600/rt3.JPG
BUDIDAYA
Rumput taiwan bisa dijadikan alternatif pakan ternak dalam meningkatkan produksi ternak sekaligus antisipasi jika terjadi kelangkaan saat kemarau. Ketersediaan pakan memiliki peranan penting bagi perkembangan ternak dari mulai pertumbuhan hingga produktif melahirkan ternak-ternak baru yang berkualitas baik.

Pakan yang berupa rumput taiwan memiliki gizi tinggi bagi ternak sehingga membantu merangsang pertumbuhan ternak. Rumput taiwan dapat tumbuh pada lingkungan apapun dan lebih tahan terhadap hawa panas yang cukup tinggi sehingga peternak tidak akan kekurangan pakan meskipun musim kemarau panjang.

Produktivitas rumput taiwan dapat mencapai 300 ton per hektare dan dapat diberikan kepada ternak dengan 10 persen dari bobot ternak itu. Hal ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pengembangan sektor peternakan melalui teknologi pakan.

Budidaya rumput Taiwan bertujuan untuk meningkatkan penghasilan secara  komersial. Adapun teknik budidaya rumput Taiwan, adalah sebagai berikut:
1)    Pengolahan Lahan; Dimulai dengan pembersihan lahan dari tanaman gulma dan pembuatan galur tanam. Setelah itu dilakukan pemupukan dasar menggunakan pupuk kandang + 1 ton /ha.
2)    Penanaman:
  • Dilakukan dengan metoda stek batang. Untuk satu rumpun ditanam minimal 3 batang, dan setiap batang terdiri dari 3 ruas (2 ruas terbenam di tanah).
  • Pola tanam menggunakan sistem monokultur dan lebih rapat dengan jarak tanam dalam barisan 70-100 cm dan jarak antar barisan 70-100 cm.
3)    Pemupukan; Setelah tanaman berumur 2 minggu dilakukan pemupukan dengan pupuk NPK dengan dosis 60 kg/ha. Untuk selanjutnya pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang sebanyak 2 kali/tahun (musim hujan dan musim kemarau).

Secara praktis, cara penanaman rumput Taiwan adalah sebagai berikut:
§  Jarak tanam 0,5 m
§  Tanam pada gulutan untuk penyiraman I minggu sekali
§  Bibit dalam bentuk 2 ruas dengan lebar masing masing 15 cm
§  18 hari sebelum penanaman dilakukan pengolahan tanah dibalik dicampur dengan pupuk organik  2 ton dan 10 liter bio fermentor
§  Penanaman dilakukan hari ke 18 setelah pengolahan tanah
§  Panen dilakukan setelah 4 bulan penanaman
§  Pemupukan dilakukan setiap 6 bulan

PRODUKSI DAN MUTU HIJAUAN
PRODUKSI
1)    Produktivitas rumput Taiwan cukup tinggi, bisa mencapai 300 ton/ha/tahun dengan kondisi pemupukan dan pemeliharaan optimal.
2)    Tahan pada daerah panas/tropis.
3)    Pemanenan pertama dilakukan setelah rumput berumur minimal 60 hari. .
4)    Pada musim hujan interval panen antara 30-40 hari dan musim kemarau 50-60 hari, dengan kapasitas proksi 50 ton perhektar.
5)    Tinggi pemotongan 15-20 cm dari permukaan tanah.
6)    Kapasitas pro+duksi sampai 5 tahun sekali tanam.

MUTU HIJAUAN
1)    Kandungan Protein Kasar Rumput Taiwan selalu diatas 7% (semakin tua kandungan PK semakin menurun)
2)    Kadar protein 13%.

CARA PEMBERIAN PADA TERNAK BUDIDAYA
1)    Pemberian hijauan rumput Taiwan untuk pakan ternak sebanyak ± 10% dari bobot hidup ternak. Sehingga, apabila ternak sapi beratnya 200 kg maka pemberian pakan hijauannya sebanyak 20 kg.
2)    Sebelum diberikan ke ternak, sebaiknya Rumput Taiwan dicacah/dipotong-potong terlebih dahulu dan dilayukan selama ½ hari sampai kadar airnya berkurang untuk mempermudah proses pencernaan.

B.    PENGENALAN PRODUK

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJlt5Jz8eePnYfe5WGxsWm0Mx4BNij7WmoCUEAJtRp0D_vLbGtacTvHgEMKLa05tjEQVyENiyKZEwsY0BV025LSY3GZFmuQtRDxRuDbLdDK9SDxUnLCaViKd8EAkdBY64jM4USV4IDgJ8/s1600/rt4.JPG
Rumput Taiwan (RT Optima Agriculture); adalah salah satu produk yang kami jual di bidang pertanian yang berada di grup usaha pertanian (Optima Agriculture).

Kami menjual "Rumput Taiwan" ( RT Optima Agriculture) sebagai bahan tambahan pakan hijauan sapi/ kambing.

C.    SEGMEN, HARGA & BATASAN PENJUALAN

SEGMEN PENJUALAN; Segmen penjualan rumput Taiwan adalah rumput taiwan untuk pakan tambahan hijauan ternak sapi/kambing.

HARGA JUAL; Harga rumput Taiwan yang ditawarkan adalah Rp 500,-/kg dengan sistem penimbangan terkontrol yang disepakati diantara pihak customer dan penjual. Harga jual yang kami tawarkan sebesar Rp. 500, - per Kg di kantor pemasaran. Jika pemesanan barang dikirim ke lokasi pembeli, maka harga tersebut + ongkos kirim.

PEMBATASAN PENJUALAN;  Kuantitas penjualan lele dalam satuan Kg. Pembatasan penjualan adalah mulai dari 100 Kg – 6000 Kg dalam 1 x order, dengan interval kuantitas penjualan sebesar 100 Kg.

D.    CARA PENGADAAN & PEMBAYARAN

CARA PENGADAAN; Cara pengadaan dan/atau pembelian Rumput Taiwan (RT Optima Agriculture) dapat dilakukan dengan berbagai cara disesuaikan kesepakatan dengan pihak pembeli, antara lain sebagai berikut: (1) Pembelian langsung (direct selling); (2)  Berdasarkan pemesanan (by ordering); (3) Pembelian secara rutin dan/atau berkala (misalnya: harian / mingguan / bulanan); (4) Pembelian secara kontraktual (ditentukan jenis, kuantitas, jadwal dan tempat pengiriman, serta durasi kontrak pembelian).

CARA PEMBAYARAN;
Cara pembayaran dapat disesuaikan sebagaimana kesepakatan dengan pihak pembeli, antara lain sebagai berikut: (1)  Pembayaran langsung (Direct Payment); (2) Pembayaran Berkala (Kontra Bon– Mingguan/Bulanan); (3) Pembayaran berdasarkan progres penerimaan Rumput Taiwan sebagaimana ditentukan dalam kontrak pembelian (Kontraktual). Kami hanya menerima pembayaran dari pihak pembeli secara: (1) tunai; (2) cek tunai; (3) transfer via rekening bank.

E.     KUANTITAS & JANGKA WAKTU PENGIRIMAN

Jika cara pengadaan Rumput Taiwan (RT Optima Agriculture) berdasarkan pembelian langsung (direct selling), maka: (1) untuk wilayah Kota Bandung, jangka waktu pengiriman dari saat order diterima adalah paling lambat dalam 1 x 24 jam sudah dapat diterima oleh pemberi order/pembeli;(2) untuk wilayah di luar Kota Bandung, tanggal penerimaan akan diberi-tahukan sesuai penetapan tanggal pengiriman dari penyedia jasa pengiriman RT Optima Agriculture.

Jika cara pengadaan RT Optima Agriculture berdasarkan pembelian secara rutin dan/atau berkala, maka penetapan tanggal pengiriman sudah ditentukan secara rutin/berkala. Sedangkan, jika pengadaan RT Optima Agriculture secara kontraktual, maka penetapan kuantitas, waktu dan durasi pengiriman disesuaikan sebagaimana ditetapkan dalam kontrak.

F.     PENGEMASAN & PENGIRIMAN

PENGEMASAN (Packing); Rumput Taiwan yang  akan dikirim kepada pembeli/konsumen diikat dengan tali rapia yang dapat mencapai bobot sebesar 1-5 Kg.

PENGIRIMAN (Delivering);  Pengiriman order pembelian dapat dilakukan secara langsung oleh agen penjual ataupun oleh penyedia jasa pengiriman RT Optima Agriculture (agen pengiriman), ditujukan kepada pihak penerima order pembelian sebagaimana ditentukan dalam kesepakan pembelian.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More