Minggu, 23 Desember 2012

Lobster Air Tawar (LAT) Untuk Konsumsi



        A.  PENGENALAN PRODUK
 
JENIS LOBSTER; Berdasarkan penyebarannya, terdapat 3 (tiga) famili lobster air tawar sebagai berikut: (1) Famili Astacidae, tersebar di belahan bumi utara; (2) Famili Cambaridae, tersebar di belahan bumi utara.; (3) Famili Parastacidae, tersebar di belahan bumi selatan seperti Australia, Indonesia bagian Timur, Selandia Baru, dan Papua Nugini.

Spesies lobster yang kami jual adalah lobster air tawar atau biasanya di singkat LAT adalah lobster yang berasal dari Walkamin Park Australia (Cherax quadricarinatus) yang terkenal dengan sebutan "si capit merah" (red claw). Lobster ini adalah salah satu spesies yang hidup di dasar laut, danau, rawa, dan sungai air tawar di daerah pegunungan. Selain itu, spesies ini juga bersifat endemik karena terdapat spesifikasi spesies lobster air tawar yang ditemukan di habitat alam tertentu (native), mempunyai kandungan protein sangat tinggi itu, kini sudah bisa dikembangbiakkan di Indonesia dengan media air tawar.Lobster jenis red claw atau penjapit merah, yang bibitnya didatangkan dari Australia, hingga kini paling banyak diminati pasar, terutama untuk restoran-restoran dan hotel-hotel di Indonesia.

LAT Optima FisheryMISTERI  LOBSTER; Hasil riset membuktikan bahwa lobster memiliki kemampuan mengatasi masalah penuaan dan awet muda. Sejatinya, lobster tak pernah tua atau tidak pernah mati karena ketuaan. Kuncinya adalah karena kemampuan lobster dalam menghasilkan enzim telomerase tanpa batas, hal ini tentunya tidak demikian halnya dengan manusia. Daripada mencoba untuk hidup abadi, lebih baik mencari cara hidup lebih lama dan bermakna. Salah satunya dengan menyantap lobster air tawar. Setujukan yach ...??

NUTRISI & KANDUNGAN GIZI; Lobster red claw merupakan jenis lobster air tawar yang sangat diminati orang pada umumnya untuk  konsumsi, selain karena jumlah persentase daging yang bisa dimakan lebih banyak dari jenis lain, daging red claw juga lebih manis dan gurih, serta teksturnya yang lebih kenyal dibandingkan dengan jenis lobster yang lain.

Nutrisi yang terdapat dalam lobster air tawar cukup lengkap. Hewan ini dikenal dengan kandungan protein yang tinggi, vitamin yang cukup lengkap, rendah kalori, kandungan lemak yang sangat rendah, kandungan seng yang tinggi. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu makanan diet sehat. Secara detail kandungan nutrisi LAT dapat diketahui sebagai berikut:

Untuk satu ekor LAT ukuran 65 gram:
  • Protein: 23.92 g
  • Fat: 1.35 g
  • Karbohidrat: 0.00 g
  • Kalori: 114 mg
  • Kolestrol: 178 mg
Kandungan kolestrol dalam lobster air tawar ternyata  terbilang rendah. Berdasarkan tabel kategori sehat untuk dikonsumsi dari berbagai jenis makanan berdasarkan kandungan kolestrolnya, ternyata berdasarkan sumber-sumber terpercaya seperti wolframalpha dan National Institute of  Health, menyatakan bahwa lobster air tawar setiap 100 gram rata-rata mengandung kolestrol 110 mg, masuk dalam kategori sekali-sekali, relatif lebih rendah dari berbagai jenis lobster lainnya. Berdasarkan berdasarkan penelitian dari National Institute of Health menunjukkan bahwa kandungan kolesterol  jenuh pada LAT jauh lebih rendah dari berbagai jenis unggas untuk porsi yang sama.

LAT ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan bermanfaat, sebagai berikut:

Serving size
55 g



Total calories
46
Fat calories
6




% daily value*






Total fat
688 mg

1%

   Saturated fat
109 mg

1%

   Trans fat




Cholesterol
74 mg

25%

Sodium
53 mg

2%

Total Carbohydrates
0 g

0%

   Dietary fiber
0 g

0%

   Sugar
0 g



Protein
9 g

19%






Vitamin A
1%
Vitamin C
1%

Calcium
3%
Iron
3%

Vitamin E
4%
Thiamin
2%

Riboflavin
3%
Niacin
5%

Vitamin B6
3%
Vitamin B12
24%

Folate
4%
Phosphorus
14%

Magnesium
5%
Zinc
6%

Percent daily values are based on a 2000 calorie diet



Berikut ini akan diuraikan hasil analisis kandungan dari setiap mineral yang dikandung dalam lobster air tawar berdasarkan data dari http://www/wolframalpha.com, sebagai berikut:

§  Omega-3 (fat): merupakan kombinasi dari EPA dan DHA sangat bermanfaat sebagai antidepresan (penghilang rasa stress). Lemak ini dikenal sangat baik bagi perkembangan sel otak dan meningkatkan kemampuan otak. Lemak ini sangat cocok diberikan pasa saat fase pertumbuhan baik balita, remaja atau dewasa/lajut usia. Dikenal dapat menurunkan kadar kolestrol dan mencegah penyakit jantung, mengurangi resiko pembekuan darah dan mengurangi rasa nyeri saat datang bulan.
§  Omega-6 (fat): lemak ini sangat bermanfaat9 bagi tekanan darah dan menormalkan kadar gula darah. Lemak ini mampu mengurangi resiko terkena jantung koroner, mengobati reumatik dan mencegah serta memperbaiki stroke. Omega-6 sangat baik dalam menjaga stamina tubuh dan seringkali dimasukkan dalam ramuan untuk supplemen makanan bagi pekerja berat dan aktivitas berfikir yang tinggi.
§  Sodium: sangat bermanfaat dalam menjaga keseimbangan kalsium dan kalium. Sodium mampu mengurangi gejala terkena syaraf, penurunan berat badan dan pencernaan.
§  Vitamin A: sangat bermanfaat bagi kesehatan mata serta berdampak positif terhadap kesehatan kulit dan imunitas tubuh.
§  Thiamin (Vitamin B1): berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit serta proses metabolisme protein dan lemak.
§  Riboflavin (Vitamin B2): sangat berperan dalam pembentukkan sel darah merah, glikogen, molekul steroid dan menyokong berbagai pertumbuhan organ tubuh.
§  Vitamin B6: vitamin ini dikenal sebagai Piridoksin yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tumbuh. Vitamin ini berperan penting dalam proses sintesis lemak dan produksi antibodi bagi pertahanan tubuh.
§  Vitamin B12: sangat berperan dalam kesehatan sel saraf, serta dalam pembuatan DNA dan RNA manusia.
§  Vitamin C: banyak digunakan sebagai supplemen tambahan, khususnya dalam melawan radikal bebas dari polusi yang sering ditemui sehari-hari. Vitamin ini sangat baik dalam menjaga proses pertumbuhan jaringan kulit, sendi, tulang dan jaringan penyokong lainnya. Vitamin C dikenal dapat menurunkan resiko terkena kanker karena kemampuannya dalam menangkal radikal bebas.
§  Vitamin E: sangat berperan dalam menjaga jaringan dalam tubuh manusia seperti kulit, mata, sel darah merah, hingga hati.
§  Calcium: Mineral ini sangat berguna bagi metabolisme tubuh, penghubung antar sarafm kerja jantung, pergerakan otot, menjaga keseimbangan cairan tubuh, mencegah osteoporosis, menyeimbangkan tingkat keasaman darah, mengatasi kencing manis dengan mengaktifkan pankreas, dlsb.
§  Zat Besi (Iron): Zat ini dikenal sebagai mineral utama pembentuk sel darah merah. Selain itu, mineral ini memiliki fungsi utama dalam mengontrol transportasi oksigen dalam peredaran darah kita, serta membantu dalam menjaga kekebalan tubuh.
§  Folate: Mineral ini berperan aktif dalam proses pengolahan informasi dan daya ingat. Kekurangan mineral ini dapat menyebabkan anemia (kekurangan darah). Mineral ini sangat bermanfaat bagi kesehatan janin dalam rahim ibu.
§  Fosfor: Fungsi utama mineral ini adalah pemberi energi dan kekuatan dalam proses metabolisme lemak dan hati. Mineral ini sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi serta sintesa DNA dan penyerapan kalsium bagi tubuh.
§  Magnesium: Mineral ini dikenal sebagai mineral anti stress. Mineral ini berpengaruh dalam proses pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, membantu memelihara kekuatan tulang dan membatasi efek dari radikal bebas.
§  Seng (Zinc): Mineral ini dikenal oleh kalangan pria karena mampu meningkatkan produksi dan kualitas sperma bagi pria. Mineral ini juga mampu menghilangkan disfungsi seksual bagi pria. Selain itu, berguna untuk kesehatan kulit, menjaga level gula dalam darah dan sangat penting bagi perkembangan anak.

DAPAT MENINGKATKAN VITALITAS DAN LIBIDO GAIRAH SEKSUAL;  Lobster Air Tawar juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, terutama protein, sehingga tidak sedikit orang percaya bahwa daging lobster air tawar dapat meningkatkan vitalitas dan gairah seksual kaum wanita. Dengan kandungan seng yang tinggi dapat memicu produksi libido dan meningkatkan aktifitas sperma kaum pria

ANEKA HIDANGAN;  Secara umum, lobster laut maupun lobster air tawar sama saja, lagi pula asalnya sama-sama dari laut. Hanya saja lobster air tawar lebih rendah kadar kolesterolnya dan kandungan Omega3-nya lebih tinggi. Sehingga secara nutrisi sebenarnya LAT sangat bermanfaat dan sehat untuk dikonsumsi. Hingga saat ini, menu masakan Lobster Air Tawar Red Claw sangat digandrungi oleh masyarakat Eropa, Amerika, Australia dan Asia, termasuk di Indonesia.


Umumnya Lobster Air Tawar (LAT) dihidangkan dalam bentuk saus, sup, sayur dan salad. Berdasarkan pendapat beberapa konsumen, hidangan Lobster Air Tawar banyak digemari karena dagingnya yang padat, pejal, empuk dan rasanya relatif lebih gurih.

B.  SEGMEN, HARGA & BATASAN PENJUALAN

SEGMEN PENJUALAN; Segmen penjualan LAT yang kami tawarkan adalah lobster berukuran konsumsi dengan ukuran bervariasi sebagaimana umumnya pasar LAT di Indonesia yang mencapai ukuran panjang 3”-5” dalam keadaan hidup. Kuantitas penjualan berdasarkan ukuran satuan Kg. Range besarnya LAT yang kami tawarkan bervariasi, yaitu: (a) Range Super: dalam 1 Kg terdapat 8-15 ekor; (b) Range Besar: dalam 1 Kg terdapat 15-20 ekor; serta (c) Range Lite: 20-30 ekor.

HARGA JUAL; Adapun harga jual lobster air tawar ukuran konsumsi yang kami tawarkan untuk wilayah Kota Bandung dan sekitarnya adalah: Rp. 135.000,-/Kg bobot lobster. Sedangkan harga untuk di luar wilayah Kota Bandung adalah: Rp. 135.000,-/Kg bobot lobster ditambah ongkos kirim. Harga jual tersebut sudah termasuk biaya pengemasang (packing) dan pengiriman (delivering).

PEMBATASAN PENJUALAN; Minimum penjualan dalam 1 x order pembelian adalah sebesar 1 (satu) Kg, sedangkan maksimum penjualan dalam 1 x order pembelian adalah sebesar 100 (seratus) Kg.


C.    CARA PENGADAAN & PEMBAYARAN

CARA PENGADAAN; Cara pengadaan dan/atau pembelian LAT dapat dilakukan dengan berbagai cara disesuaikan kesepakatan dengan pihak pembeli, antara lain sebagai berikut: (1) Pembelian langsung (direct selling); (2)  Berdasarkan pemesanan (by ordering); (3) Pembelian secara rutin dan/atau berkala (misalnya: harian / mingguan / bulanan); (4) Pembelian secara kontraktual (ditentukan jenis, kuantitas, jadwal dan tempat pengiriman, serta durasi kontrak pembelian).

CARA PEMBAYARAN; Cara pembayaran dapat disesuaikan sebagaimana kesepakatan dengan pihak pembeli, antara lain sebagai berikut: (1)  Pembayaran langsung (Direct Payment); (2) Pembayaran Berkala (Kontra Bon– Mingguan/Bulanan); (3) Pembayaran berdasarkan progres penerimaan LAT sebagaimana ditentukan dalam kontrak pembelian (Kontraktual).Kami hanya menerima pembayaran dari pihak pembeli secara: (1) tunai; (2) cek tunai; (3) transfer via rekening bank.

D.        KUANTITAS & JANGKA WAKTU PENGIRIMAN

Jika cara pengadaan LAT berdasarkan pembelian langsung (direct selling), maka: (1) untuk wilayah Kota Bandung, maka jangka waktu pengiriman dari saat order diterima adalah paling lambat dalam 1 x 24 jam sudah dapat diterima oleh pemberi order/pembeli;(2) untuk wilayah di luar Kota Bandung, maka tanggal penerimaan akan diberi-tahukan sesuai penetapan tanggal pengiriman dari penyedia jasa pengiriman LAT.

Jika cara pengadaan LAT berdasarkan pembelian secara rutin dan/atau berkala, maka penetapan tanggal pengiriman sudah ditentukan secara rutin/ berkala. Sedangkan, jika pengadaan LAT secara kontraktual, maka penetapan kuantitas, waktu dan durasi pengiriman disesuaikan sebagaimana ditetapkan dalam kontrak.

E.        CARA PENGEMASAN & PENGIRIMAN

PENGEMASAN (Packing); Benih lobster yang akan dikirim kepada pembeli/konsumen dikemas dalam wadah plastik/kardus/keranjang lengkeng/styrofoam dengan ukuran tertentu yang bisa memuat 1-5 Kg lobster.

PENGIRIMAN (Delivering); Pengiriman order pembelian dapat dilakukan secara langsung oleh agen penjual ataupun oleh penyedia jasa pengiriman LAT (agen pengiriman), ditujukan kepada pihak penerima order pembelian sebagaimana ditentukan dalam kesepakan pembelian.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More